Minggu, 08 Februari 2009

NASEHAT BUATMU

Sedih ga sih? ngeliat kejadian2 di Indonesia belakangan ini. Musibah datang silih berganti, and yang pasti smuanya itu bikin umat muslim ngerasa terpojok and serba salah. Ada sebagian orang yang syoba buat berislam dengan baik, eh malah dicurigai. Poko’nya Islam itu diidentikin sama sesuatu yang mengerikan and ga nyejukin.

Tapi jangan salah walaupun gityu masih ada kok orang2 yang berusaha berpikir secara jernih(air kalee jernih). Ketika Islam dipojokan, dikesankan dengan kejelekan malah menimbulkan kesadaran and rasa keingintauannya. Mereka pengen tau, “bener ga sich Islam tuh kayak gitu?” mereka nyoba cari literatur2, bacaan2 tentang Islam. Hal yang kayak gini nih, patut buat diikutin, supaya kita ga gampang terprovokasi alias terkompori. Kita juga jadi berusaha nampiilin Islam yang cakep and indah. Cuma sayang, saking sedikitnya modal pengetahuan tentang Islam, banyak orang yang terjerumus and ngelakuin sesuatu yang ga Islami. Pengennya sich baek tapi salah caranya and jadinya malah ngambil jalan diluar Islam atau malah bertentangan sama Islam itu sendiri. Ih serem yawks! Makanya itu sebelum kita ngejalanin sesuatu harus jelas dulu tujuannya apa, baru kita mulai mikirin gimana caranya untuk mencapai tujuan itu.


Tujuan Ibadah
Apa sih tujuan hidup kita? Mengutip Al Qur’an surat Adz-Dzariyat ayat 56, ini nih tujuan hidup kita : “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.”
Nah sekarang kita udah tau tujuan hidup kita, yaitu untuk beribadah kepada ALLAH SWT, maka sebenernya manusia yang paling baek, mulia and bahagia adalah orang yang mampu beribadah dengan sempurna kepada ALLAH SWT. Dengan kata laen orang yang paling baek adalah orang yang berhasil menjadi hamba ALLAH SWT. Inilah kedudukan tertinggi yang diraih oleh manusia. Karenanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam-lah orang yang paling mulia diantara para makhluk. Kehambaan beliau oleh Allah dalam banyak ayatnya.
Karena tujuan ibadah ini Allah menurunkan dienul Islam. Coba lihat aja seluruh aktivitas manusia dalam Islam bisa menjadi bentuk ibadah kepada Allah. Singkatnya dari tidur sampe tidur lagi, itu semua bisa jadi ibadah. Malahan tidur juga bisa menjadi ibadah. Dengan mempraktekkan dienul Islam, maka seseorang bisa menjadi hamba ALLAH SWT yang baek.
So, orang yang ngejalanin Islamnya bener dijamin bakalan cool, calm and confidence deh(wah kayak iklan deodorant aja yah).

Nah supaya paham dengan dienul Islam pertama-tama kita kudu ngerti ama dua kaidah dimana Islam dibangun di atasnya.
  ·  beribadah hanya kepada Allah
  · beribadah hanya kepada Allah hanya    dengan syareat-Nya.
Inilah sebenernya hakekat dari syahadat Laa Ilaaha Illallah Muhammad Rasulullah. Buat ngerealisasiin kalimat tauhid ini butuh pengetahuan tentang ilmu syar’i. Ga mungkin banget dong kita beribadah kepada Allah tanpa mengenal syariatnya ang ga mungkin juga kita tau syariatnya tanpa belajar, tul ga?

Trus gimana supaya kita bisa menikmati keindahan Islam itu? Simple aja sih, kita ga akan mampu ngerasarin indahnya Islam kalo kita sendiri ga kenal ama Islam, tul ga? Pointnya yaitu hendaknya setiap muslim berusaha menuntut ilmu tentang dienul Islam. Apalagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “menuntut ilmu itu wajib hukumnya.” Ilmulah warisan para nabi, sebagaimana sabda Nabi shallallehu ‘alaihi wa sallam : “sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Mereka hanya mewariskan ilmu. Maka barangsiapa mengambil warisan tersebut, dia telah mengambil bagian yang banyak.”(sunan Abi Daud 3/317).

So pasti maksudnya ilmu disini yaitu ilmu syar’i karena inilah ilmu yang dibawa oleh para nabi, bukan ilmu yang laen. Lalu apa dengan ini berarti ilmu2 yang laen ga ada gunanya? Oh salah, ilmu dunia tetap bermanfaat apabila memenuhi beberapa kriteria yaitu kalo membantu ketaatan kepada Allah, menolong agama-Nya and bisa diambil manfaatnya oleh para hamba Allah. Malahan kadang mempelajari ilmu2 tersebut hukumnya bisa berubah menjadi wajib jika memenuhi firman Allah yang artinya : “dan siapkanlah untuk mengahapi mereka dengan kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda2 yang ditambat untuk berperang”(potongan surat Al-Anfal:60)

Kembali lagi, ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu tentang dienul Islam. Ini nih yang wajib and kudu kita pelajari. Wajar dong kalo Al-Imam Al-Bukhari dalam kitabnya dicantumin Bab Ilmu sebelum perkataan dan perbuatan. Al Imam Muhammad At Tamimi juga nyantumin ilmu di urutan nomor wahid dari empat hal yang wajib dituntut oleh setiap muslim. Demikian pula para ulama yang lalu dan sekarang, semuanya sepakat tentang pentingnya masalah ilmu. Yah karena ilmu memang bener2 urgen bagi kehidupan seorang  muslim.

Ilmulah yang kudu dimiliki oleh seseorang untuk mengetahui hakekat Islam. Tanpa menuntut ilmu seseorang ga bakalan mampu mengenal ajaran Islam dengan bener. Malah bisa jadi seseorang akan salah paham dengan ajaran Islam. Sesuatu yang dikira Islam ternyata bukan, padahal dia udah terlanjur meyakini, memahami and mengamalkannya. Ato mungkin udah mendakwahkannya. Nah gawat kan kalo udah kayak gini!!!! 

Ilmu yang mana dulu
Setelah tau tentang kewajiban menuntut ilmu untuk mengenal Islam mungkn ada yang bertanya, ilmu2 di dalam Islam itu buanyak and luas buanget, susah kali ya buat tau semuanya. Apa wajib bagi kita menuntut semuanya sampe yang detail2? Kalo ga yang mana nih yang jadi prioritas dalam mempelajari ajaran Islam?


Yup bener banget, ilmu di dalam Islam itu sanget luas, makin banyak kita menuntut ilmu maka kita bakal makin ngerasa kalo ilmu itu semakin luas. Unfornutely, umur yang kita miliki terbatas. Oleh karena itu menuntut ilmu pun ada prioritasnya. Diantara masalah yang patut didahuluin dalam meuntut ilmu adalah mempelajari akidah dan tauhid yang bener. Kenapa? Karena aqidah ini merupakan landasan alias pondasi dari seluruh ajaran Islam yang laen. Kalo pondasinya kuat Insya Allah bangunan yang laen pun akan kuat. Sebaliknya nih pondasi lemah menyebabkan kelemahan seluruh bangunan yang ada (kalo ga percaya tanya aja ama tukang bangunan). Nah udah tau dong tentang keutamaan ilmu, moga2 ini bisa jadi ilmu tambahan yang bermanfaat buat kita semua, Amin.

(Buletin Alif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar