Senin, 29 September 2008

LCD versus PLASMA TV....1

Bagi Anda yang berencana untuk beralih dari tv tabung ke tv plasma atau lcd, berikut beberapa info dan tips mengenai perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing produk tersebut, berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat.

Bulan Maret lalu saya mengambil LG plasma tv dari elektronic solution terdekat, berukuran 42 inch dengan internal recorder dan HD ready, dengan harga berkisar 11.5jt Rupiah. Menurut sales counternya, masa pakai plasma tv adalah sekitar 40.000 jam, atau bila dirata-rata bisa berkisar 10 tahun, sedangkan pada lcd, bisa berusia 60.000 jam masa pakai, yang berarti 50% lebih lama dari plasma.

Alasan utama saya memilih tv plasma adalah layar yang solid terbuat dari kaca padat, berbeda dengan lcd yang merupakan panel lcd lunak dan sensitif terhadap goresan dan tekanan (mirip dengan layar lcd monitor atau laptop Anda), jadi saya berfikir bahwa plasma akan relatif lebih aman dari goresan dan benturan pada layar sekiranya pembantu atau istri saya di rumah sedang menggunakan tongkat pel ataupun sapu dan peralatan bersih-bersih lainnya.

Kelebihan lain dari plasma adalah harga yang lebih murah bila dibanding dengan lcd, mungkin bisa berkisar 20-35% di bawah lcd. Namun saya dapatkan bahwa layar plasma terasa cukup panas setelah digunakan 1 jam ke atas, walaupun ini bukan merupakan indikasi kerusakan produk elektronik tersebut. Dan menurut sales counternya, walaupun kita gunakan tv plasma di ruang ber-ac, bukan merupakan jaminan akan memperpanjang masa pakainya.

Hal positif lain yagn didapatkan dari type TV Plasma LG yang saya beli tersebut adalah HD ready, yang memiliki HDMI port input, sehingga memungkinkan menyaksikan input High Definition dari media lain, namun saat ini Blu ray player dan dvd materinya belum banyak tersedia, sehingga saya pun mengusahakan dvd player baru yang memiliki HDMI output port, dan memang hasilnya lebih baik daripada menggunakan composit kabel biasa (yang berwarna kuning untuk video, merah dan putih untuk audio), walau demikian, HDMI port dari DVD player tersebut bukanlah mengeluarkan resolusi full HD dari DVD movie yang diputar, melainkan 'up-convert' dari resolusi standar dvd, sehingga jangan berharap bahwa kualitas gambar akan setajam sample-sample display di toko-toko elektronik, yagn rata-rata menggunakan materi play dari Hardisk dengan resolusi full HD.

Fitur lain dari plasma tv lg adalah port svga input untuk menerima sinyal dari komputer, ketika saya coba mengeluarkan sinyal dari pc saya, hasilnya sungguh luar biasa, setiap detail text dan icon terkecil di komputer muncul secara mengesankan, namun jangan terlena dulu, problem pada plasma tv adalah bayangan yang akan tercetak pada layar apabila dibiarkan menampilkan gambar yang tak bergerak, termasuk diantaranya sinyal komputer, pause saat playing movie, dan lain-lainnya yang tidak bergerak, dapat menyebabkan bayangan permanen pada layar, jadi plasma tv juga tidak direkomendasikan untuk digunakan bermain playstation yang mengandung tampilan tak bergerak seperti game RPG.

Fasilitas hardisk recorder tv plasma LG: fitur ini sangat membantu, karena recorder dapat merekam kapan saja secara instant, atau dengan timer (sehingga merekam siaran sepak bola otomatis di kala tv sedang off pada jam 4 pagi), dan bila suatu saat recording sedang berjalan, Anda ditawarkan option untuk tetap merekam walau Anda akan pergi dan mematikan tv, dengan batas maksimal record adlah 2 jam untuk setiap session-nya.

Kelemahan fungsi playback adalah list file rekaman membutuhkan waktu kurang lebih 1/2 detik untuk di-scroll antar file, dan setelah berbagai perintah dilakukan terhadap file rekaman tersebut, default akan kembali terpilih file rekaman yang paling atas, jadi bila anda memiliki puluhan atau ratusan file rekaman, maka akan sangat sulit untuk memilih file yang terletak paling bawah, karena harus memilih dan melewati satu-per satu file yang ada. Kelemahan lain adalah fungsi recording hanya aktif bila jam/waktu telah ter-setup, padahal setiap padam aliran listrik atau kabel listrik tercabut, maka setup time akan ter-reset, sehingga Anda harus kembali mensetup ulang jam setiap kalinya.

Satu keunggulan tv plasma yang tidak dimiliki lcd tv adalah frekuensi tv yang sesuai dengan frekuensi siaran stasiun televisi yang kalau tidak salah berada di 50hz, sehingga kualitas gambar akan sangat baik walaupun sinyal pada tv tabung biasa tampak kurang baik.


Kelebihan lain, jelas Anda akan mendapatkan space jauh lebih luas bila dibanding dengan tv tabung: :)


Jadi, selamat memilih yang dirasakan terbaik dan sesuai dengan budget dan keperluan fitur Anda, dan nikmati resolusi HD 16:9 yang ditawarkan baik plasma ataupun lcd tv, sambil menanti tersedianya player blue ray dan siaran tv HDTV seperti di negara lain seperti Korea, Jepang dan USA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar