Rabu, 07 Desember 2011

Wi-Fi vs WiMax

Wi-Fi adalah singkatan dari wireless fidelity, yaitu suatu teknologi berbasis standart 802.11 dengan kecepatan 11Mbps, hanya mencapai cakupan area tidak lebih dari 100 meter saja. Keuntungan Wi-Fi salah satunya yaitu kemudahan dalam mengakses. Pemakaian tidak dibatasi ruang gerak, hanya dibatasi jarak jangkauan dari titik pemancar Wi-Fi. Namun jika signal buruk koneksi jadi kacau, dan hanya bisa diakses ditempat-tempat terntentu saja.
WiMax merupakan saluran komunikasi radio yang memungkinkan terjadinya jalur internet dua arah dari jarak puluhan kilometer. DenganWiMax operator komunikasi akan menghemat investasi perangkat, dan yang jelas akan berkontribusi besar untuk keberadaan wireless karena jangkaunnya yang sampai dengan 50km.

Artikel berikut mengulas perbandingkan antara WiFi dengan WiMAX ditinjau dari aspek teknis maupun pasar (bisnis).

Coverage/Teknologi

Teknologi WiFi atau yang lebih dikenal dengan Wireless LAN (WLAN) telah banyak diimplementasikan oleh masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Selain untuk aplikasi privat,  WLAN juga banyak digunakan untuk aplikasi public (hotspot). Selain karena
teknologinya, WLAN sangat cepat berkembang karena harganya yang mudah dan perangkatnya mudah didapat. Banyak vendor yang telah menyediakan perangkat WLAN dimana masing-masing saling interoperable karena  masing-masing mengikuti standar yang sama yaitu (IEEE 802.11).

Lain dengan WLAN yang sudah banyak dikenal, WiMAX baru mulai di-publish dan baru beberapa negara yang melakukan trial atau implementasi. WiMAX merupakan kependekan Worldwide Interoperability for Microwave Access dimana merupakan pengembangan dari WLAN.  Masing-masing diantara keduanya WLAN dan WiMAX mempunyai potensi dan keunggulan sehingga keduanya akan saling mendukung dalam implementasinya.

Artikel berikut mengulas perbandingkan antara WiFi dengan WiMAX ditinjau dari aspek teknis maupun pasar (bisnis).

Coverage/Teknologi
WiMAX dikenal dengan 802.16 wireless MAN (Metro Area Network) dimana teknologi dimaksud mampu melayani pelanggan (user) sampai jarak 50 km dari Base Station. Sedangkan WiFi lebih dikenal dengan 802.11 wireless LAN dimana jangkauan dari AP (Access Point) ke pelanggan (user) sekitar 100 m. Dengan kondisi dimaksud maka WiMAX sangat cocok untuk melayani area outdoor sedangkan WiFi leboh cocok untuk di lokasi indoor.
WiMAX dapat dimanfaatkan untuk melayani pelanggan DSL, jadi difungsikan sebagai substitute/pengganti jaringan kabel.

Standar dan Radio Interface
Standar WiFi lebih dikenal dengan standar 802.11 sedangkan WiMAX mengacu ke 802.16. Pada WiFi lebih dikenal 3 standar yang popular yaitu 802.11b (paling popular dengan kecepatan data sampai 11 Mbit/sec), 802.11a (54 Mbit/sec dengan jarak lebih kecil dibanding 802.11b) dan 802.11g (kecepatan 54Mbit/sec).

Untuk WiMAX dikembangkan mulai dari standar 802.16 kemudian berevolusi ke standar 802.16a (direvisi menjadi 802.16d) kemudian  yang terakhir adalah 802.16e. Standar WiMAX 802.16d dikembangkan untuk melayani pelanggan fixed sedangkan 802.16e untuk melayani pelanggan mobile.

Komponen
Secara umum komponen WiMAX dibagi menjadi 3 bagian yaitu subscriber station, base station dan transport site. Untuk subscriber station terletak di lingkungan pelanggan (bisa fixed atau mobile/portable). Sedangkan base station biasanya satu lokasi dengan jaringan operator (jaringan IP/internet atau jaringan TDM/PSTN).

Sedangkan untuk WiFi, secara umum terdiri dari AP (Access Point) dan Wireless Client yang bisa terintegrasi dengan device pengguna atau external card.  AP dapat disambungkan ke jaringan LAN eksisting. Gambar berikut adalah konfigurasi

Market
Bila dilihat dari segmen pasarnya, maka terdapat perbedaan antara WiMAX dan WiFi. Sesuai dengan kemampuannya maka WiMAX dapat dimanfaatkan untuk keperluan Backhaul (backbone), broadband access maupun personal broadband. Sedangkan WiFi lebih diarahkan ke aplikasi untuk solusi LAN (Local Area Network) di dalam ruangan. Dengan demikian WiMAX lebih pas diimplementasikan untuk solusi WAN (Wide Area Network) dan di luar ruangan.

Namun demikian antara WiFi dan WiMAX dapat dilakukan konvergensi dimana keduanya saling mendukung untuk melayani pasar tertentu.  Gambar berikut mendeskripsikan dimana dalam satu area terdapat dua jaringan sekaligus (WiMAX dan WiFi).

Dengan demikian maka bagi konsumen akan semakin dimudahkan, karena dapat melihat jaringan sesuai dengan kebutuhan. Ilustrasi berikut menggambarkan di notebook konsumen dimana nampak antara network (jaringan) WiFi (Hotspot) dengan WiMAX.

Bagi operator Hotspot, WiMAX dapat dijadikan untuk memudahkan penetrasi implementasi Hotspot. Disamping sebagai Customer Loyalty juga akan menambah brand image bagi operator dimaksud

WiMAX juga dapat dimanfatkan sebagai backhaul-lnya jaringan WiFi.

Daftar pustaka

-http://www.ristinet.com/index.php?ch=8&lang=&s= 0fc94d4d207933505be419941cc0b3df&n=334
- fariedhermawan.wordpress.com/2009/10/09/perbandingan-wifi-dengan-wimax/


(materi kuliah PTI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar