Jumat, 20 September 2013

Mengelola Hobi Menjadi Bisnis

Hari ini ane mau berbagi informasi (agak sok idih biarin yee :D) mengenai hal-hal apa saja yang mesti diketahui sebelum terjun ke dunia bisnis yang berasal dari hobi. Moga-moga informasi ini bermanfaat untuk semua.

Emang sih, KELEBIHAN dari membuka bisnis yang berasal dari hobi, kita tahu betul bahwa kita akan menikmatinya. Kita juga akan merasa lebih ‘fun’ dalam mengerjakannya. Jauuhhh… dari bosen! :-)

Tapi apa benar kayak gitu? Sebelum memutuskan untuk membuat hobi menjadi bisnis, coba ajukan pertanyaan-pertanyaan ini ke diri kamu sendiri terlebih dulu.

1. Apa kamu bersedia melakukan sesuatu yang berulang-ulang terus?
Kamu diharuskan mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang dengan baik tentu sangat berbeda dengan mengerjakan aktivitas rekreasi (hobi) tanpa tekanan dan tanpa target bisnis. Tentu saja kalau ingin mengubah hobi menjadi bisnis, harus siap dengan konsekuensi ini.


2. Apa hobi kamu cukup berharga untuk dijadikan bisnis?
Jangan cuma memikirkan kesenangan doang. Lakukan "market research" sebelum membuat hobi menjadi bisnis. Jika ternyata prospeknya kurang menguntungkan, sebaiknya jangan dipaksakan. :-)


3. Apa hobi itu bisa tetap memotivasi kamu dalam menjalankan bisnis hingga 15-20 tahun mendatang?
Tantangan nyata dalam menjalani bisnis yang berasal dari hobi adalah bagaimana membuat hobi tersebut tetap menantang, menarik dan berarti sebagai bisnis dalam 15-20 tahun mendatang. Untuk itu, buat daftar mengenai hal-hal yang paling menarik dan menantang bagi kamu. Lalu tetapkan satu atau dua ide paling potensial yang bisa memotivasi kamu dalam menjalankan bisnis.

4. Apakah tetap akan menikmatinya walau…. ?
Jika kelak diharuskan menghasilkan 10 ribu karya atau melakukan hobi kamu ratusan kali setiap tahun, apakah kamu akan tetap menikmati hobi kamu?

Intinya, memang tidak ada yang salah dengan membuat hobi menjadi bisnis. Hanya saja matangkan konsep, lakukan market research dan rancang business plan sebelum menjalankannya.

Hal penting lainnya adalah memiliki pengetahuan bagaimana memasarkan bisnis kamu baik secara offline maupun online. Karena tanpa marketing yang tepat, tidak ada orang yang akan membeli produk kamu. Carilah tempat terbaik untuk mempelajarinya.


(mail dari seorang teman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar