Rabu, 25 September 2013

PIT - PITAN

Pit-pitan adalah sebuah kegiatan olahraga yang memakai piranti utama yaitu salah satu moda transportasi darat yang disebut sepeda (jawa = pit). Kebanyakan penggemar sepeda melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar menikmati perjalanan saja seperti Cross Country.


Orang yang mempergunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin juga dapat disebut komuter. Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi rutin tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor non-formal, tetapi juga dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor formal. Para pekerja di sektor formal yang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin ini sebagian besar tergabung dalam komunitas pekerja bersepeda atau yang dikenal dengan nama Bike To Work Indonesia (B2W Indonesia). 
Di Jogjakarta terkenal dengan sebutan SEGO SEGAWE yaitu akronim dari Sepeda Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe ( Sepeda untuk sekolah dan bekerja). Komunitas ini dipelopori
oleh Walikota Jogjakarta pada saat itu yaitu Bp. Herry Zudianto. Sayangnya semenjak beliau habis masa jabatannya kegiatan sego segawe ini ditiadakan oleh Walikota penerusnya. Banyak protes dari berbagai kalangan tapi yaahh namanya juga politik broo. :)
Selain para pekerja, sepeda juga banyak digunakan oleh anak sekolah Selain karena menggunakan sepeda tidak membutuhkan biaya tambahan, bersepeda juga dapat dilakukan di jalan yang kurang bagus sekalipun. Bersepeda bagi anak sekolah juga dapat mengurangi bahaya kkecelakaan dalam berkendara asalkan tertib dan taat pada rambu-rambu lalu lintas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar