Setelah lama dinanti, Yamaha akhirnya resmi melahirkan motor full fairing Yamaha YZF-R15 di Indonesia. Kalau sudah begitu, mari kita bedah bersama motor yang dijual dengan harga Rp 28 juta ini.
Setelah dipersiapkan selama dua tahun, motor ini akhirnya resmi dimasukkan ke Indonesia. Menurut Yamaha, R15 spesial karena merupakan yang termuda dari R-Series family.
Sebagai bagian dari keluarga tersebut bersama R15, R25, R6, R1 pun memiliki R-DNA yang meliputi lima hal penting yakni mass forward (distribusi bobot ke depan), sharp & hight tail (bodi belakang runcing & tinggi), dual furious headlight (lampu depan ganda), aerodynamic body (desain bodi aerodinamis), muscular look (tampil kokoh).
Mereka mengklaim kalau keunggulan produk ini ada pada desain, handling dan performa untuk berkendara harian dimana balance power (kencang), fuel consumption (irit) dan durability (DiASil Cylinder dan forged piston) dipadu bersama untuk menggoda konsumen pria usia 17-25 tahun dengan tingkat ekonomi kelas menengah.
Tidak perlu berlama-lama, mari kita bedah motor ini.
Desain Sporty
Desain R15 diklaim Yamaha merepresentasikan DNA R-Series yang tampil sebagai motor super sport sejati. Desainnya itu meliputi fitur-fitur desain body, full fairing, lampu depan ganda, speedometer, lampu belakang, key shutter, split seater, cover knalpot.
Desain bodi R15 mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang diklaim mantap.
Lampu depan ganda R15 sporty dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan pelopor di kelasnya yang menggunakan lampu berteknologi LED.
R15 pun istimewa dengan split seater atau model jok terpisah dengan bahan jok anti slip seperti moge sport kelas dunia, yang membuat tampilan semakin sporty.
Selain itu, motor ini dilengkapi pula dengan tempat penyimpanan tools di bawah jok. Fairing dual-layer yang dinamis dan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga juga sudah diadopsi oleh motor ini.
Belum selesai, speedometer-nya yang sporty menggabungkan instrumen digital dan analog serta multifungsi karena tersedia beragam indikator yang lengkap dan mudah terlihat.
Kunci utamanya dilengkapi key shutter (penutup lubang kunci) dan anak kunci model laser cut menjamin keamanan maksimal saat diparkir. Cover knalpot menggunakan aksen karbon karbon dan tertanam emblem bertuliskan R15.
Sasis
Keunggulan R15 lain yang diklaim Yamaha untuk motor ini adalah handling terbaik di kelasnya. Untuk urusan itu, semua hal seperti rangka delta box, pelek dan ban, sumbu roda, posisi berkendara, alumunium rear arm, suspensi monocross, double disc brake dan stang racing sudah diracik sedemikian rupa.
Delta box R15 menurut Yamaha digunakan pada R1 dan R6. Konstruksi delta box kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi.
Rancangan pelek model palang lima yang berdimensi lebar, kuat dan ringan, dibalut ban tubeless. Ban ekstra lebar dengan ban belakang ukuran 130/70 dengan lebar velg 3,5 inci membuatnya diklaim mampu mencengkeram aspal lebih sempurna dan stabil.
Jarak sumbu rodanya yang panjang dibuat untuk menjadikannya memiliki pengendalian lebih stabil saat berkendara dan saat menikung dengan cepat.
Sedangkan rear arm R15 yang berbahan alumunium merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP. Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15. Ini didukung desainnya berkonsep bodi depan merendah, bodi belakang meninggi dan tinggi jok pengendara 800 mm.
Performa dan Spesifikasi
Untuk jantungnya, R15 menggendong mesin berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.
Keunggulan performa terbaik R15 menjadikan akselerasinya lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.
Mesin : 150 cc, Liquid Cooled, 4-Langkah, SOHC, Single Cylinder, 4 valve, Fuel Injection
PXLXT : 1975 mm x 660 mm x 1070 mm
Tenaga : 16,59 PS (12,2 kW) / 8.500 rpm
Torsi : 14,5 Nm / 7.500 rpm
Berat Kosong : 136 kg
Kapasitas Tangki : 12 Liter
Tipe Rangka : Deltabox
Tipe Transmisi : Manual, 6-percepatan
Ban Depan & Belakang : 90/80-17M/C 46P & 130/70-17M/C 62S
Rem Depan & Belakang : Cakram 267mm & Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic Fork
Suspensi Belakang : Link Suspension, Monocross
*sumber detikcom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar