Minggu, 13 April 2014

Tips Fotografi : Jurus Jitu Memotret Pantai


Indonesia beruntung memiliki garis pantai terpanjang di dunia yaitu 95.181 km. Dengan panjang pantai sejauh itu, banyak pantai-pantai indah yang cocok untuk difoto. Berikut ide-ide foto yang bisa dibuat di pantai.

1. Waktu yang bagus untuk memotret.

Untuk waktu memotret, yang paling ideal adalah sore dan pagi hari. Sekitar jam 16.00-18.00, langit berubah warna dengan sangat cepat dan sangat bervariasi. 

Matahari yang letaknya rendah di dekat garis horizon membuat bayangan yang panjang dan warna yang hangat dan lebih lembut daripada sinar matahari di tengah hari.



(Dua nelayan sedang menunggu untuk menjala ikan. ISO 100, f/16, 1/50 detik)

Pastikan tiba di lokasi setidaknya satu setengah jam sebelum matahari terbenam/terbit untuk mencari lokasi yang baik untuk memotret.


Tips pemula: Saat memotret sunrise/sunset: Jika cahaya sudah sudah agak gelap, gunakan mode P, naikkan ISO ke 400-800 dan kemudian atur terang gelap dengan mengunakan kompensasi exposure (biasanya ditandai dengan simbol +/-).

2. Teknik Slow Speed

Aliran ombak yang terlihat cukup kencang dan ganas, dapat diubah menjadi seperti kabut yang lembut saat memotret dengan teknik slow speed. 

Untuk membuat air menjadi lembut, dibutuhkan tripod supaya hasil foto tetap tajam. Gunakan shutter speed yang rendah (lebih dari 5 detik).


(Sesaat matahari tenggelam, kita dapat mencoba teknik slow speed. ISO 100, f/11, 30 detik, 35mm)

Saat yang mudah untuk mengunakan teknik ini adalah saat subuh sebelum matahari terbit dan sesaat setelah matahari terbenam


Tidak dibutuhkan tripod jika memotret di kondisi cahaya yang agak gelap. Gunakan filter polarizer dan/atau ND untuk membatasi cahaya yang masuk sehingga memotret saat siang atau sore yang sangat terang tidak menjadi masalah.

Tips pemula: Jika tidak memiliki filter, tunggulah sampai cahaya sudah agak gelap, dudukkan kamera di tripod, gunakan mode Aperture Priority (A/Av), set ISO ke 100 atau paling rendah untuk mendapatkan kualitas foto tertinggi, kemudian set aperture/bukaan ke sekitar f/11. 

Jika hasil foto terlalu gelap, ubah bukaan menjadi f/8 atau f/5.6, sebaliknya jika hasil foto terlalu terang, kecilkan bukaan ke f/16 atau f/22. 

3. Masukkan objek atau manusia yang ada di sekitar pantai.


Memotret langit, laut, awan dan matahari sambil melihat perubahan dramatis saat sunset memang menyenangkan, tapi jangan lupa masukkan elemen-elemen lain seperti pepohonan, batu karang, dan manusia ke dalam pemandangan sebagai pelengkap. 

Aplikasikan aturan rule of thirds dengan menempatkan elemen-elemen tersebut di sebelah kanan/kiri dan tempatkan garis horizon 1/3 atau 2/3 dari bidang foto.




(Jangan lupa orientasi vertikal, tergantung subjek dan pemandangannya, kadang orientasi vertikal lebih menarik daripada horizontal/landscape. ISO 100, f/8, 1/200 detik)

Tips pemula: Pohon, ranting-ranting dan dedaunan dapat menjadi elemen foreground yang memberikan kesan tiga dimensi.

Banyak kan yang bisa dieksplorasi saat berkunjung di pantai? Selamat mencoba!



*sember detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar