Jumat, 25 April 2014

V-Ixion Mau Jadi R15? Siapkan Rp 10 Juta!


Yamaha baru saja menggebrak pasar motor sport di Indonesia dengan melahirkan motor sport full fairing, Yamaha R15. Secara teknis, ini adalah V-Ixion yang diberi fairing.

Yamaha R15 baru saja lahir hari ini dengan banderol Rp 28 juta, on the road Jakarta. Angka itu sedikit di atas harga V-Ixion yang dilepas dengan harga 23,2 juta.

Di jantung kedua motor ini terdapat sebonggol mesin 4 valve SOHC 4 langkah berpendingin cairan. Kedua motor juga memiliki perbandingan kompresi 10,4:1. Jadi dianjurkan menggunakan BBM beroktan 91.

Bila melihat hal tersebut, maka tidak ada yang berubah antara mesin 149,8 cc yang digendong V-Ixion dengan R15. Tenaga kedua motor ini sama-sama berada di angka 12,2 kW pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 7.500 rpm.

Bahkan, tangki kedua motor juga memiliki kapasitas yang sama yakni 12 liter.

Namun, untuk dimensi, kedua model ini berbeda. R15 yang mengusung desain motor sport full fairing memiliki panjang 1.955 mm dengan lebar 660 mm dan tinggi 1.070 mm. Jarak terendah ke tanah mencapai 160 mm dengan berat motor 136 kg.

Sementara V-Ixion dengan genre naked bike memiliki dimensi panjang 2.010 mm dengan lebar 705 mm dan tinggi 1.030 mm. Jarak terendah ke tanah sedikit lebih tinggi, 165 mm dengan berat lebih ringan, 129 kg.

Motor sport full fairing milik Yamaha, R15 memiliki tampang yang sangat menggoda. Para pemilik V-Ixion pun ternyata sudah ada yang berpikir untuk menjadikan V-Ixion mereka menjadi R15. Hmm, apakah bisa?


V-Ixion dan R15 memang saudara dekat. Keduanya dibangun dari platform yang sama. Bahkan mesin keduanya juga sama.



Perbedaan paling mencolok tentu saja ditampilan body-nya. V-Ixion mengambil tema naked bike, sementara R15 punya full fairing.



Pemilik V-Ixion pun kini ada yg mulai berpikir untuk menjadikan motor mereka ala R15. Dan ternyata, menurut Abidin hal itu bisa dilakukan.




"Kalau yang punya V-Ixion mau motornya dibikin jadi seperti R15 bisa saja, tapi tidak benar-benar sama. Itu pun kira-kira butuh sekitar Rp 10 jutaan," katanya.



Dana sebesar itu menurut Abidin diperlukan untuk membeli fairing, arm, disk pada rem belakang hingga transmisi 6-speed untuk menggantikan transmisi 5-speed milik V-Ixion.



"Hanya satu yang tidak bisa disamakan. ECU. Karena karakter keduanya memang beda," tambah Abidin.



R15 sendiri hadir semalam dengan desain body yang mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang mantap.



Rear arm R15 berbahan alumunium, merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP. Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15.



Sementara untuk jantungnya, mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.

*sumber detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar